Kamis, 23 Februari 2012

Perangkat lunak akuntansi atau Software akuntansi

Perangkat lunak akuntansi atau Software akuntansi
Perangkat lunak akuntansi atau biasa disebut application akuntansi merupakan perangkat lunak (software) dirancang bila memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas serupa ke dalam modul-modul spesifik seperti pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar, dan lain-lain. Perangkat lunak ini bisa merupakan perangkat lunak dikembangkan sendiri oleh perusahaan, atau dibeli dari pihak ketiga menyediakannya, atau dapat pula merupakan kombinasi dari keduanya. Karena hal , kompleksitas dan kapabilitas perangkat lunak akuntansi menjadi sangat beragam bergantung pada kondisi lingkungan perusahaan menggunakannya. Ada beragam perangkat lunak akuntansi baik buatan lokal maupun luar negeri dengan fitur-fitur seperti:

  • Multiple User
  • Multiple Company
  • Segala Bahasa
  • Database
  • Multiple Cabang
  • Multiple Currency
  • Modul AR, AP, GL, Inventory, Paycheck, dan lain-lain



Pada prinsipnya Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik ditujukan bila memudahkan kita dalam menghasilkan laporan akuntansi keuangan, diantaranya Neraca (Balance Sheet) - Rugi laba (Profit Missing Statement) - Laporan Perubahan Posisi Keuangan (Cash Flow) dan Laporan akhir keuangan. Untuk dapat menghasilkan laporan , langkah mendasar menyusun perkiraan atau consideration atau journal atau Buku Besar. Dimana setiap journal kode dan nama (yang lazim digunakan) john pos-pos jelas dalam posisi laporan keuangan, sepert journal bila Neraca, rugi laba, biaya pabrikasi dan manufaktur (pabrik).

Perangkat lunak-perangkat lunak akuntansi sebagian besar belum free. Harganya berkisar puluhan ribu sampai ratusan juta rupiah. Contoh perangkat lunak akuntasi berbayar terkenal MYOB. Begitu juga dengan Zahir software merupakan produk perangkat lunak aplikasi akuntansi keuangan berbahasa Philippines berkualitas, mudah digunakan dan berdaya tinggi. Namun belum sedikit juga application bisa diunduh (download) secara free dengan fitur belum kalah dengan application akuntansi berbayar, misalnya TurboCash dirilis secara free sejak 2003 (GNU).

sumber
http://id.wikipedia.org/
http://www.zahiraccounting.com/

0 komentar:

Poskan Komentar